BATAM MY ADVENTURE – MATA KUCING – WISATA ALAM – KOTA BATAM
Di tengah isu negatif yang beredar disekitaran daerah Batu aji menuju Sekupang, Team Batam My Adventure melakukan penjelajahan tepatnya di Sei Temiang yang ternyata menyimpan keindahan alam yang begitu asri dan masih belum banyak di ketahui oleh Warga Batam.
“Hutan Mata Kucing“
Berdasarkan kisah di masa lalu yang beredar di masyarakat Batam, tempat ini adalah sebuah hutan yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki, saat itu masyarakat yang tinggal di daerah ini pada malam hari sering melihat cahaya-cahaya terang dari dalam hutan yang mengincar dan melihat ke arah mereka, konon mata itu adalah mata dari harimau-harimau penghuni hutan ini. Namun, masyarakat Batam saat itu sangat menjaga adat istiadat setempat. Mereka memiliki aturan atau pantangan untuk menyebut kata “Harimau”, Dan untuk mengganti kata mata harimau tersebut, maka disebutlah “Mata Kucing” untuk menghaluskan istilah tersebut.
Saat team Batam My Adventure memasuki hutan ini, team menemui berbagai jenis satwa di dalamnya. Ternyata hutan wisata ini merupakan kebun binatang yang berada di tengah hutan. Berbeda dengan umumnya kebun binatang di daerah lain. Team Batam My Adventure merasakan kebun binatang di Hutan Wisata Mata Kucing lebih alami karena lokasinya memang berada di tengah hutan.
Ada beraneka jenis koleksi hewan di Hutan Wisata Mata Kucing, diantaranya adalah, buaya, kura-kura ular pyton, beberapa spesies primata: monyet, beruk, siamang coklat dan siamang hitam. Di sini juga terdapat beberapa spesies burung seperti: Burung Elang, Burung Bangau dan Burung Perkutut yang saling memekikan suara harmoni yang indah. Serta yang paling mengagumkan di kawasan Hutan Mata Kucing terdapat sebuah kolam yang ditinggali oleh beberapa ekor ikan Arwana yang ukuran tubuhnya sangat fantastis, yaitu sebesar tubuh manusia dewasa berusia 20 tahunan. Waw….!
Selain sebagai hutan lindung yang mempunyai keberagaman koleksi satwanya, kawasan ini juga memiliki arena permainan olahraga sejenis outbond yang sangat menantang seperti jembatan tali penghubung di tengah sungai yang membelah hutan, ada juga lokasi bagi Villalovers yang menyukai olahraga Hiking tersedia sarana yang dapat digunakan untuk Hiking dikarenakan kawasan Hutan Wisata Mata Kucing ini adalah salah satu kawasan yang merupakan bagian dari Bukit Tiban, sebuah daerah perbukitan yang memiliki kontur tanah yang menanjak sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi para pengunjung yang menelusuri setiap jejak alam di kawasan Batam.
So… Villalovers, kapan lagi kita bisa menikmati alam bebas di kota batam yang terkenal dengan kota industri.
Villa Lovers, Batam My Adventure

Share This: